gambar payudara normal dan sehat

Gambar payudara normal dan sehat / Pictures of normal and healthy breasts

gambar payudara normal dan sehat dalam bahasa inggris yaitu pictures of normal and healthy breasts

dalam kesehariannya terkadang kita lupa dalam merawat dan menjaga beberapa bagian vital yang ada dalam tubuh kita

padahal jika kita perhatikan dengan benar, sebenarnya beberapa organ di tubuh kita memerlukan perhatian lebih, salah satu nya adalah susu eeh sorri, payudara. nah untuk ini lebih diutamakan kepada kaum wanita untuk mendapatkan payudara normal atau sehat seperti yang di impikan

terlebih lagi sudah semakin merajalela penyakit penyakit besar yang berkaitan dengan payudara pada wanita salah satunya adalah kangker payudara. maka dari itu di artikel berikut saya mau menjelaskan sedikit yang berkaitan dengan gambar payudara normal dan sehat pada wanita

berikut penjelasan gambar payudara normal dan sehat

1. Sering ada banyak obrolan tentang apa yang salah dengan payudara. Tetapi kenyataannya bagi kebanyakan dari kita, untuk sebagian besar hidup kita, pasangan kita sehat dan normal. Beberapa dari kita memiliki payudara kecil, beberapa besar. Beberapa menggantung rendah, beberapa duduk tinggi. Beberapa agak bergelombang, dan yang lainnya mulus. Mengingat semua variannya, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang normal. Inilah beberapa hal yang tampak normal—bersama dengan penyimpangan yang mungkin ingin Anda periksa.

2. Mereka berdua sedikit kental Beberapa wanita memiliki payudara yang kental secara alami. Yang lain memiliki kista berisi air jinak yang dapat menyusut atau membesar tergantung pada waktu dalam sebulan. Jika Anda merasakan gumpalan yang sama di area yang sama di kedua payudara, itu mungkin jaringan payudara fibrokistik normal, kata William Owens, M.D., direktur Pusat Perawatan Payudara Komprehensif Pusat Medis Aurora BayCare di Green Bay, WI. Perhatikan: “Namun, jika seorang wanita merasakan benjolan di satu sisi dan tidak merasakan benjolan serupa di bayangan cermin dari payudara lainnya,” kata Dr. Owens, dia harus memeriksakannya.

gambar payudara normal dan sehat
gambar payudara normal dan sehat

3. Kulitnya Bening Kulit pasangan yang sehat rata, rata, dan bebas dari perubahan warna atau tekstur seiring waktu. Perhatikan: Kulit merah atau iritasi di bawah payudara bisa menandakan infeksi kulit seperti intertrigo, kata Joshua Zeichner, M.D., di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City. Intertrigo lebih sering terjadi pada wanita dengan payudara besar, atau yang menghabiskan waktu dengan bra olahraga yang berkeringat, katanya. Dan kanker payudara yang meradang bisa membuat kulit terasa bergelombang, seperti kulit jeruk, menurut National Cancer Institute. Ini jarang terjadi, tetapi bisa menjadi agresif, jadi segera periksakan perubahan jenis ini, kata Joy’El Ballard, M.D., seorang ob-gyn di Annapolis, MD.

4. Mereka Hangat—Seperti Kalian Semua! Payudara Anda akan terasa hangat (tetapi tidak panas) saat disentuh, seperti bagian tubuh Anda yang lain. Perhatikan: Mintalah dokter memeriksa area payudara Anda yang sangat hangat atau memerah. Pada wanita menyusui, ini bisa jadi mastitis, infeksi yang mungkin memerlukan antibiotik. Bagi wanita yang tidak menyusui, jenis peradangan ini bisa menjadi tanda dari jenis kanker payudara langka yang disebut kanker payudara inflamasi (IBC). Bubungan atau lubang atau kepenuhan ekstra atau menarik kembali kulit adalah tanda peringatan lainnya.

5. Tidak Ada Pelepasan Kecuali Anda sedang hamil, menyusui, atau baru saja melahirkan, cup bra Anda harus tetap bersih dan kering. Perhatikan: Puting yang keluar saat Anda tidak menyusui dapat menandakan ketidakseimbangan hormon tiroid atau tumor jinak hipofisis, kata Rebecca Teng, M.D., seorang ob-gyn di Women’s Health Texas di Round Rock, TX. Obat-obatan tertentu juga bisa disalahkan, jadi bicarakan dengan dokter Anda. Dan pastikan untuk memeriksakan secepatnya jika keluarnya bening atau berdarah, hanya berasal dari satu payudara (bukan keduanya), atau berhubungan dengan benjolan—itu bisa menjadi tanda kanker.

6. Mereka Tidak Terluka (Kecuali Anda sedang PMS) Payudara yang sehat melakukan hal yang sama setiap hari, berayun bebas atau duduk di bra tanpa membuat keributan kecuali menstruasi Anda sudah dekat, dalam hal ini perubahan hormon dapat membuatnya sakit. Perhatikan: Jika kelembutan hanya muncul di satu payudara, atau sepertinya tidak sesuai dengan siklus bulanan Anda, bicarakan dengan dokter Anda. “Jika nyeri diisolasi di satu payudara dan dikaitkan dengan benjolan atau perubahan kulit, maka saya akan mengirim pasien untuk pencitraan payudara,” kata Dr. Teng.

7. Mereka Menyukai Status Quo Payudara setiap wanita berbeda dalam ukuran, tampilan, dan nuansa — dan itu sangat normal. Kuncinya adalah mengetahui apa yang normal bagi Anda. Perhatikan: Salah satu cara untuk membiasakan diri dengan status quo adalah dengan sering-sering memberi diri Anda kesempatan untuk melihat ke cermin. Kampanye “Know Your Girls” dari Komen Breast Cancer Foundation menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri daftar pertanyaan sederhana ini—sementara Anda melakukannya. Apakah ada perubahan pada tampilan atau nuansa payudara atau puting Anda, misalnya? Atau kemerahan atau penggelapan kulit?

8. Ketiak Anda Terasa Halus Saat Anda memberikan payudara sekali lagi, periksa juga ketiak Anda. Setiap lubang adalah rumah bagi sekitar 20 kelenjar getah bening, gumpalan kecil jaringan yang merupakan bagian dari sistem getah bening tubuh yang melawan infeksi. Jika semuanya baik-baik saja, Anda mungkin tidak akan pernah menyadarinya. Anda tidak dapat benar-benar merasakannya di bawah kulit Anda. Perhatikan: Jika tubuh Anda melawan infeksi di dalam atau di dekat payudara, mungkin ada pembengkakan, nyeri tekan, atau nyeri di ketiak Anda. Owens mengatakan dokter harus memeriksa Anda “jika pembengkakan dan rasa tidak nyaman tidak segera hilang atau jika pasien mengalami pembengkakan tanpa nyeri atau nyeri yang terkait.” Keduanya merupakan tanda-tanda kemungkinan kanker dan layak untuk segera diperiksa.

Baca Juga : Pijat Panggilan Malang

9. Ingat: Tidak Ada Pertanyaan Payudara Bodoh Inilah intinya: Jika Anda memiliki pertanyaan tentang apakah payudara Anda normal atau tidak, tanyakan kepada dokter Anda. Sebagian besar paket asuransi—termasuk polis dengan pengurangan tinggi dan subsidi pemerintah—menawarkan “kunjungan wanita yang baik” setiap tahun tanpa biaya. Jika Anda tidak diasuransikan, pertimbangkan pemeriksaan gratis atau berbiaya rendah dari klinik kesehatan daerah atau Planned Parenthood, atau kunjungan video berbiaya rendah melalui Doctors on Demand, atau layanan serupa. Pengetahuan adalah kekuatan, dan jaminan tidak ternilai harganya!

Ciri-ciri payudara yang normal bisa berbeda bisa di lihat dari gambar payudara normal dan sehat berikut

Setiap wanita memiliki bentuk tubuh yang unik, begitu pula dengan payudaranya. Faktanya, bentuk payudara wanita yang normal bisa berbeda pada setiap orang.

Oleh karena itu, penting bagi setiap wanita untuk mengenali payudaranya masing-masing bisa dilihat dari gambar payudara normal dan sehat.

Ini bisa membantunya mengenali jika ada perubahan tak biasa yang mungkin menjadi tanda suatu penyakit.

Meski berbeda pada setiap wanita, Anda perlu memahami bagaimana ciri-ciri payudara normal ini.

Agar paham, berikut penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri payudara wanita yang normal, mulai dari ukuran, bentuk, warna, dan tanda lainnya.

  1. Ukuran payudara

Ukuran payudara Anda bisa mengalami perubahan seiring waktu dan pada kondisi tertentu. Ini terjadi karena payudara sangat responsif terhadap perubahan hormon pada tubuh wanita.

Salah satunya terjadi akibat siklus menstruasi normal setiap bulannya. Melansir The Women’s, hormon estrogen yang meningkat sebelum mentruasi menyebabkan kelenjar susu bengkak.

Ini membuat payudara Anda lebih besar atau seperti ada benjolan di payudara.

Payudara yang membesar juga bisa terjadi selama kehamilan, menyusui, atau saat berat badan bertambah.

Seiring pertambahan usia, terutama ketika menopause, payudara Anda cenderung kendur atau lebih kecil karena mulai kehilangan bentuknya. Hal tersebut adalah normal.

Hal yang perlu Anda pahami pula, ukuran payudara kanan dan kiri bisa berbeda.

Bila Anda merasa payudara besar sebelah, Anda tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang normal.

Perbedaan ukuran ini sering terjadi saat pubertas atau selama payudara masih berkembang.

Pada masa tersebut, salah satu payudara Anda mungkin berkembang lebih dulu atau tumbuh lebih cepat.

Meski begitu, perbedaan ukuran ini juga bisa terjadi setelah payudara Anda telah berkembang penuh.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir bila ukuran payudara Anda berbeda. Namun, jika Anda ragu, konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui kepastiannya.

  1. Bentuk dan warna puting

Sama seperti payudara secara umum, puting payudara setiap wanita juga memiliki keunikan masing-masing, baik dari bentuk maupun warnanya.

Bentuk puting sebagian besar wanita mungkin menonjol keluar seperti kancing. Namun, sebagian lainnya justru memiliki puting yang rata atau masuk ke dalam (inverted nipple).

Sebuah studi pun menunjukkan bahwa sekitar 10% wanita memiliki puting susu yang tidak menonjol atau bahkan masuk ke dalam.

Hal ini terjadi karena jaringan yang menghubungkan puting payudara masuk ke dalam ini sedikit lebih pendek daripada kondisi puting lainnya.

Meski terkadang membuat bayi sulit menyusu, puting yang masuk ke dalam tetap berfungsi normal dan dapat memberikan air susu ibu (ASI) untuk si kecil.

Di sisi lain, puting Anda juga bisa mengalami perubahan akibat kondisi tertentu. Ambil contoh, puting payudara bisa mengencang atau mengeras saat kedinginan, gugup, atau ketika disentuh.

Bukan cuma dari segi bentuk, puting payudara normal juga bisa berbeda dari segi warna tergantung pada warna kulit Anda.

Puting payudara bisa berwarna merah muda atau hitam kecokelatan. Warna puting juga bisa berubah menjadi lebih gelap akibat kondisi tertentu, seperti saat hamil.
Normalkah Jika Puting Susu Saya Berwarna Hitam?

Tubuh akan terus berubah dari waktu ke waktu, tidak terkecuali juga payudara Anda. Payudara bisa berubah bentuk, ukuran, dan warna. Tak jarang beberapa orang memiliki puting susu yang berwarna hitam. Apakah ini normal? Apa yang menyebabkan puting susu hitam? Apa yang menyebabkan puting susu hitam? Puting susu itu sendiri tidak bisa berubah warna, areolalah yang bisa berubah warna

gambar payudara normal dan sehat
gambar payudara normal dan sehat
  1. Rambut di areola

Areola adalah area kulit melingkar yang ada di sekitar puting payudara. Warna areola umumnya sama dengan warna puting Anda, yaitu bisa merah muda atau hitam kecokelatan.

Nah, bila Anda menemukan ada rambut-rambut halus di sekitar areola ini, Anda mungkin bertanya-tanya atau justru merasa khawatir.

Namun lagi-lagi, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, munculnya beberapa rambut halus di sekitar puting payudara adalah hal yang normal.

Kids Health menyebut, beberapa wanita mungkin memiliki rambut ekstra karena faktor genetik yang diturunkan dalam keluarga.

Meski normal dan sehat, Anda bisa mencoba menghilangkan rambut halus di areola payudara ini dengan melakukan tweezing (mencabut menggunakan pinset) atau waxing.

Namun, Anda tidak dianjurkan untuk mencukurnya dengan alat cukur karena bisa menyebabkan infeksi pada bagian kulit tersebut.
Apa ciri-ciri payudara yang baik dan sehat?

Setelah mengetahui ciri-ciri payudara yang normal, Anda juga perlu memahami seperti apa tanda-tanda payudara yang baik dan sehat.

Berkebalikan dengan tanda-tanda di bawah ini bisa menjadi tanda dari suatu penyakit.

Berikut beberapa ciri payudara sehat yang perlu Anda pahami melalui gambar payudara normal dan sehat berikut

1. Tidak ada benjolan

Normalnya, payudara wanita tidak memiliki benjolan apapun pada usia berapa pun.

Meski pada beberapa kasus benjolan di payudara yang tak berbahaya, memilikinya juga perlu menjadi perhatian.

Oleh karena itu, jika Anda menemukan benjolan di sekitar payudara atau ketiak, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter karena bisa menjadi tanda tumor atau kanker payudara.

2. Tidak terasa sakit

Rasa sakit pada payudara yang muncul menjelang menstruasi adalah hal yang normal dan sehat. Rasa sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah haid selesai.

Namun, jika rasa sakit tersebut tidak kunjung menghilang, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan payudara Anda baik-baik saja.

3. Tidak keluar cairan

Pada kondisi yang normal, cairan seperti susu memang bisa keluar dari puting payudara Anda.

Cairan bisa keluar misalnya saat menyusui atau ketika Anda menekannya.

Di luar kondisi tersebut, seharusnya payudara yang sehat tidak mengeluarkan cairan apapun.

Namun, bila air keluar dari payudara secara tiba-tiba, berasal dari satu payudara, atau cairan berwarna merah (berdarah), kecokelatan, maupun jernih, bisa menjadi tanda yang serius.

4. Tidak terjadi perubahan yang mengkhawatirkan

Seperti penjelasan sebelumnya, payudara dan putingnya memang kerap mengalami perubahan ukuran dan warna saat waktu tertentu.

Namun, jika perubahan terjadi di luar waktu-waktu tersebut, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan payudara Anda sehat dan baik-baik saja.

Perubahan yang mungkin terjadi, seperti ukuran atau bentuk payudara yang tidak simetris secara tiba-tiba, kulit di sekitar payudara terasa gatal, bersisik, atau kemerahan.

Selain itu, jika puting payudara Anda yang semula menonjol menjadi tidak menonjol lagi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter karena bisa menjadi gejala dari kanker payudara.

Itulah berbagai ciri payudara sehat pada wanita. Jika Anda menemukan adanya ciri yang mencurigakan dari gambar payudara normal dan sehat, sebaiknya jangan tunda untuk segera memeriksakannya ke dokter.

source : gambar payudara normal dan sehat by Massage Panggilan

Tinggalkan komentar