visit ende

Visit Ende, When it comes to all things Ende, We got you

10 Tempat Wisata Ende Terbaik untuk Liburan Anda Berikutnya

Ketika Anda bepergian ke Ende, Anda perlu mengetahui tempat terbaik untuk dikunjungi di Ende. Salah satu kota di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, disebut Ende. Di kota ini, Anda bisa belajar tentang sejarah Indonesia, berlatih menenun tekstil tradisional, atau sekadar menikmati matahari terbenam di pantai. Setelah menyelesaikan daftar hal yang harus dilakukan di Flores, Anda dapat mengunjungi beberapa situs yang tercantum di bawah ini. Anda masih bisa menikmati banyak atraksi di sana. Simak sepuluh aktivitas menyenangkan di Ende, Indonesia yang bisa membuat tubuh dan jiwa Anda rileks.

1. Mengunjungi Danau Tiga Warna

Tempat pertama yang dikunjungi adalah Danau Kelimutu Ende Anda harus menempuh perjalanan sekitar dua jam untuk sampai ke lokasi ini, yaitu di kawah Gunung Kelimutu. Anda dapat menemukan tiga danau terpisah di sini. Danau terdalam adalah Tiwu Nua Muri Koo Fai, dan penduduk setempat mengira itu adalah danau untuk anak perempuan dan remaja. Danau lain yang disebut Tiwu Ata Polo, yang diterjemahkan menjadi “danau yang mempesona”, terletak di tenggara. Tiwu Ata Mbupu, atau danau untuk orang tua, adalah pilihan ketiga. Tidak ada bangunan kontemporer di sekitar lokasi karena keramat bagi masyarakat. Danau di lokasi ini adalah fitur yang paling terkenal karena warnanya bervariasi secara acak setiap saat. Di lain waktu, warnanya hitam, merah, biru, atau bahkan hijau.

2. Mengunjungi Air Terjun Keren, Kede Bodu

Tempat wisata terbaik kedua di Ende adalah Air Terjun Kede Bodu Ende. Desa Kedebodu adalah permata tersembunyi yang terletak 13 kilometer dari pusat kota. Air terjun Kedebodu Cascade setinggi 35 meter memberikan pengalaman menyejukkan. Anda bisa menyejukkan kaki yang lelah di air dingin di bawah air terjun atau berenang sejenak. Namun, Anda harus selalu mengecek cuaca sebelum membuat rencana perjalanan karena tidak akan menyenangkan jika Anda datang saat musim hujan. Selain itu, Anda harus mempersiapkan barang-barang Anda karena pasti akan membuat perjalanan jauh yang Anda lakukan menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, atur perjalanan Anda dengan hati-hati agar Anda dapat memanfaatkan kondisi optimal situs! Temukan lebih banyak air terjun yang indah saat melakukan aktivitas di Tanjung Pandan.

3. Mengunjungi Air Terjun Menakjubkan, Air Terjun Murundao

Ende masih memiliki beberapa air terjun yang menakjubkan untuk ditawarkan jika yang sebelumnya belum memuaskan Anda. Berjarak sekitar 60 km dari pusat kota, Air Terjun Murundao Ende sedikit lebih jauh dari Air Terjun Kedeboku. Namun, jangan khawatir; setelah memarkir mobil, jarak tempuh dengan berjalan kaki hanya sekitar 200 meter. Sebelum mencapai air terjun tetangga, Anda akan berjalan melewati jembatan bambu di sepanjang jalan. Kaki lelah Anda akan terasa lebih baik berkat angin sejuk dan air bersih. Anda bahkan bisa berenang, tetapi tidak ada fasilitas atau area ganti baju. Namun, suasananya yang masih alami akan membuat Anda tenang, jadi jangan lewatkan juga air terjunnya!

4. Melihat Keindahan Desa Adat Ende

Desa KOANARA Ende atau biasa disebut Desa Koanara Moni merupakan desa yang berada di kaki Gunung Kelimutu. Desa adat ini memang tidak setua Desa Wologai, namun keindahan yang mereka tawarkan juga tidak kalah dengan Desa Wologai.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang rumah adat di Ende, Desa Koanara bisa dituliskan sebagai tempat terbaik untuk dikunjungi di Ende. Anda bisa melihat beberapa rumah adat unik yang atapnya hampir mencapai tanah. Di kawasan ini, Anda akan menemukan tiga rumah yang berbeda.

Satu rumah untuk kehidupan sehari-hari, satu rumah lagi untuk menyimpan padi setelah dipanen, dan satu rumah terakhir untuk menyimpan tulang-tulang leluhur. Kedengarannya menyeramkan, tetapi penduduk desa yang hangat akan membuat Anda merasa nyaman.

5. Belajar Sejarah di Rumah Pengasingan Bung Karno

Karena pentingnya rumah ini bagi kemerdekaan Indonesia, Rumah Pengasingan Bung Karno Ende menjadi daya tarik tersendiri di Ende. Belanda telah mengasingkan presiden pertama negara itu saat itu. Bersama istri, anak angkat, dan ibu mertuanya, Bung Karno tetap tinggal di kediaman tersebut.

Satu-satunya pembaruan pada rumah ini adalah beberapa perubahan kecil pada tahun 2012 dan perubahan warna pada tahun 2017. Semua perabotan masih asli. Anda masih bisa merasakan perjuangan dari masa itu, ketika Bung Karno berada di pengasingan tetapi merenungkan kemerdekaan Indonesia. Ini adalah lokasi yang luar biasa untuk merenungkan pengorbanan yang dilakukan di masa lalu; itu akan memperdalam gairah Anda untuk Indonesia.

6. Lihat Bagaimana Beberapa Pola Tenun Ikat

Museum Tenun Ikat Ende hanya berjarak 100 meter dari taman kota. Anda bisa melihat peralatan yang digunakan untuk membuat kain tradisional Ende. Anda juga dapat melihat beberapa pola dalam tindakan, karena setiap pola memiliki signifikansi yang berbeda. Sayangnya, kain ini jarang terlihat akhir-akhir ini karena pembuatnya tidak tertarik untuk memproduksinya. Pemerintah membuat museum untuk dikunjungi semua orang agar pembuat tekstil tetap bekerja. Saya harap Anda dapat mengunjungi museum dan memberikan donasi untuk membantu kain tradisional tetap eksis!

7. Melihat Indahnya Pemandangan di Pantai Kota Raja

Pantai Ria Ende yang sekarang dikenal dengan nama Pantai Kota Raja, memiliki nama yang sama dengan yang ada di Surabaya, namun keindahannya tidak seperti Pantai Ria lainnya. Sementara angin membawa ombak ke pantai, Anda dapat menikmati matahari terbenam yang menakjubkan. Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan sambil menyeruput minuman dan mengemil beberapa makanan ringan lokal yang ditawarkan di sana. Jika beruntung, Anda mungkin bisa mengamati aktivitas bongkar muat kapal di pantai. Anda harus menjadwalkan perjalanan Anda ke sana untuk menikmati matahari terbenam karena itu akan menjadi retret yang menyenangkan dan manis!

8. Mengunjungi Pantai Batu Biru yang Unik

Anda bisa mengunjungi Pantai Batu Biru Ende. Bebatuan di sepanjang tepian pantai ini berwarna biru, sesuai dengan namanya. Warga setempat mengira batu itu terseret ombak setelah terus datang dari dasar laut.

9. Melihat Keindahan Gunung Meja

Puncak Table Mountain ini adalah permukaan yang luas dan datar, persis seperti yang ada di Cape Town. Banyak penduduk desa yang setuju dengan legenda bahwa Gunung Meja Ende dibacok dengan pisau besar atau parang.

10. Permata Tersembunyi: Danau Tiwusora

Pengunjung akan menikmati air danau yang jernih dan terawat. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhkan dengan keindahan hamparan savana yang memukau. Destinasi terakhir yang dikunjungi adalah Danau Tiwusora Ende. Ini adalah danau tersembunyi di Ende. Anda membutuhkan 6 jam berkendara dari Ende untuk mencapai danau ini.

Tinggalkan komentar